Skip to main content

Beli Rumah Tapi Pengajuan Kredit Rumah di Tolak, ini Caranya


   Rumah merupakan kebutuhan pokok, tapi mau kredit rumah di tolak Bank, ada dua kemungkinan mendasar kenapa kpr atau kredit rumah di tolak Bank, pertama karena BI Cheking (APA ITU BI CHEKING) jelek atau kedua kemampuan bayar angsuran di nilai tidak memadai, Kalau pengajuan kredit rumah atau KPR terganjal BI cheking, Anda bisa datang ke bank atau lembaga finance yang bermasalah dengan anda untuk melunasi semua hutang anda dan jangan lupa minta surat keterangan lunas secara tertulis dicap dan ditandatangani oleh pejabat berwenang. Surat itu bisa digunakan sebagai keterangan kepada Bank bahwa anda sudah melunasi kewajiban anda yang tertunda dipihak lain. Memang biasanya tidak bisa instan anda perlu menunggu waktu 1 sampai dengan 3 bulan sampai data BI checking aja mengalami pembersihan setelah mendapatkan surat keterangan lunas tersebut.
Bagi anda yang mau beli rumah tapi penghasilan kurang memadai atau mencukupi.
 Ada beberapa cara yang bisa ditempuh saat Penghasilan anda dinilai kurang oleh Pihak Perbankan saat mengajukan KPR diantaranya adalah:

  • Perbesar Uang Muka / DP

Dengan menambah DP jumlah pinjaman yang anda ajukan menjadi lebih kecil dan otomatis cicilan anda akan menjadi lebih kecil. Dengan cicilan yang kecil artinya syarat penghasilannya pun menjadi lebih kecil. cara perhitugan antara Bank satu dan Bank lain berbeda, misal Bank BTN berani memberi syarat penghasilan yang lebih bersahabat, Dengan gaji di atas 10 jt, anda bisa mengajukan KPR dengan jumlah  angsuran peebulan maksimal 50%  dari gaji, bahkan kadang bisa mencapai 60%(tergantung beberapa faktor), sedangkan Bank lain hanya memberi maksimal 35% dari gaji. DP minimal saat ini di beberapa Bank adalah sebesar 10% namun beberapa kasus anda diminta membayar DP lebih dari 10%, biasanya berkaitan dengan penilain kemampuan bayar angsuran anda, Untuk itu ada beberapa cara yang bisa anda tempuh agar bisa membayar DP yang lebih kecil diantaranya adalah: Anda mencari Bank yang memberikan promo bunga atau promo DP yang lebih kompetitif. Mencari perumahan baru yang memiliki promo DP yang rendah karena diskon harga yang dapat mengurangi harga. 
Bagi anda yang mau investasi dalam bentuk property seperti rumah, ruko dll, kemungkinan besar akan membeli rumah lebih dari satu baik secara cash atau kredit, untuk kredit  rumah Anda tetap dimungkinan mengajukan KPR rumah kedua atau ketiga bahkan seterusnya. Namun semakin banyak Rumah KPR yang anda ajukan maka DP yang anda perlu siapkan menjadi lebih besar. Pada umumnya rumah pertama DP minimal yang perlu anda siapkan adalah sebesar 10% sedangkan rumah kedua menjadi 15% rumah ketiga menjadi 20% dan seterusnya, saran saya Anda melunasi hutang atau cicilan anda yang sedang berjalan ditempat lain sehingga Bank akan menilai penghasilan bersih anda menjadi lebih besar (jika alasan Bank mewajibkan anda menambah DP karena penghasilan bersih anda tidak memadai). 


  • Memperpanjang tenor (lama angsuran)

Tenor angsuran bisa menjadi cara meminimalkan besaran angsuran, Tentunya di sesuaikan usia pemohon, karena batas maksimal usia pemohon ketika selesai angsuran usia pensiun (pada umumnya 55thn), jadi ketika pemohon saar mengajukan KPR usia 30th tenor paling panjang yaitu 25thn, tapi ada beberapa bank yang tenor maksimalnya 20 thn, sehngga walaupun saat pengajuan usia pemohon 30thn, tenor maksimal tetap 20thn, Semakin lama periode pinjaman maka cicilan akan menjadi lebih kecil dan artinya syarat minimum penghasilanpun menjadi lebih kecil.

  • Pilihan bunga fix yang lebih rendah

Pada umumnya Bank akan menawarkan bunga fix atau angsuran di beberapa tahun awal angsuran, semakin pendek masa bunga fix maka semakin kecil bunga yang di tawarkan, misalkan Kpr BTN memberi bunga fix 8% untuk satu tahun dan 9% untuk 3 tahun, KPR BRI memberi 7% untuk 3 tahun dan 8 % untuk fix 5 tahun, begitu juga KPR BCA, KPR MANDIRI, KPR NIAGA dll, Cari Bank yang menawarkan bunga promo yang kompetitif. Bunga fix yang lebih rendah akan membuat cicilan menjadi lebih kecil dan syarat minimal penghasilanpun menjadi lebih kecil. Yang perlu di ingat setiap Bank pemberi kredit rumah mempunyai strategi promo bunga yang berbeda-beda, sesuaikan dengan profil anda, saya kasih contoh KPR BTN memberi bunga fix lebih besar dari pada yang lain tetapi dengan besaran gaji yang sama anda akan mendapat plafon KPR (Nilai Kpr yang lebih besar) bisa dilihat dari nilai prosentasi maksimal angsuran dari gaji.

Ada beberapa perusahaan memberikan gaji secara Cash(tunai) bukan melalui transfer Bank, bagi anda karyawan yang gajinya diberikan secara tunai (cash) non transfer dan tidak pernah setor ke rekening tabungan anda pribadi anda bisa meminta bantuan HRD atau Keuangan perusahaan anda seminimal mungkin 3 bulan sebelum mengajukan KPR agar gaji dan tunjangan anda selalu ditransfer ke rekening pribadi anda. selain itu ditunjang oleh slip gaji asli dan surat keterangan penghasilan dari perusahaan anda. Atau anda bisa minta surat keterangan gaji dari perusahaan anda bahwa gaji anda di berikan secara cash, Paling penting semua baik gaji di tarnsfer maupun cash bisa di konfirmasi pihak Bank ke perushaan anda.

  • Pengusaha

Pengusaha atau wiraswata akan sedkit berbeda dalam hal pengajuan kredit rumah atau kpr, kalau karyawan hanya butuk slip gaji dan bisa di konfirmasi lewat telepon saja, Sedangkan bagi anda yang pengusaha, anda dianjurkan melampirkan laporan keuangan usaha anda, yang nantinya pihak pemberi kredit rumah atau KPR mendatangi tempat usaha anda (waktu survey tergantung bank/ terkadang lama karena antrian) untuk memastikan usaha anda, maka setiap anda menerima pembayaran dari konsumen anda segera disetor berkala ke rekening perusahaan anda secara berkala baik setiap hari atau seminggu sekali agar omset perusahaan anda bisa tergambarkan pada rekening perusahaan anda. Lakukan minimal 6 atau 12 bulan sebelum mengajukan KPR.

Comments

Popular posts from this blog

Syarat KPR Rumah (Kredit Pemilikan Rumah) di Setujui BANK

    Seringkali orang beli rumah kpr waktu mengajukan KPR kurang paham syarat kpr  dan proses yang harus di jalani sehingga sudah capek capek melengkapi data pengajuan KPR tidak di Aprove atau tidak di setujui pihak   Cara atau Tips Pengajuan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) di Setujui BANK Untuk bisa di Aprove pengajuan KPR,  BI Checking anda harus baik  Pada saat anda beli rumah dengan mengajukan permohonan kredit rumah atau beli rumah KPR, di bank manapun ( kpr btn, kpr bca, kpr bri) dll, termasuk kpr rumah subsidi, syarat KPR pertama yang harus di jalani adalah BI ceking anda atau lebih mudahnya riwayat kredit anda di lembaga penyalur kredit yang terdaftar di Bank Indonesia dan di awasi oleh OJK. kenapa yang terdaftar di BI karena lembaga penyalur kredit tersebut yang bisa terdeteksi di BI dan OJK. Saat ini kalau kita cek BI ceking kita melalui OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan di sebut SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan). Untuk lebih jelasnya silahkan klik d

BI CHECKING ( Sistem Layanan Imformasi Keuangan

BI checking merupakan informasi riwayat kredit anda di Bank Indonesia, informasi ini di peroleh dari lembaga penyalur kredit yang terdaftar di BI, jadi di manapun anda punya kredit akan tercatat dengan baik di BI, berapa pinjaman anda, angsuran anda, jaminan anda, dan seperti apa anda menjalankan kewajiban membayar anguran anda apakah lancar tiap bulannya atau pernah telat atau malah pernah tidak membayar semua tercatat di sini, dan ada skor yang di berikan, skor 1 sampai dengan skor 5. ketika anda mengajukan kredit sudah pasti paling awal yang lakukan pihak Bank adalah memastikan BI checking anda bagus, jadi anda harus perhatikan itu. Berikut penjelasan Skor 1 sampe skor 5; Skor 1: A rtinya anda selalu menjalankan kewajiban membayar angsuran tepat waktu tiap bulannya, tidak pernah telat sama sekali. Skor 2 : Kredit dalam Perhatian Khusus, artinya debitur tercatat  menunggak cicilan kredit 1-90 hari Skor 3 : Kredit Tidak Lancar, artinya debitur tercatat  menung